7 Langkah Mudah Mencegah Flu dan Batuk Paling Manjur | Cara Diet Sehat

7 Langkah Mudah Mencegah Flu dan Batuk Paling Manjur


7 Langkah Mudah Mencegah Flu dan Batuk Paling Manjur - Banjir di Jakarta selain telah merenggut harta benda para korban, ternyata juga telah mengambil sebagian hak sehat mereka. Adalah Flu dan batuk yang banyak diderita oleh para korban di pengungsian. Efek cuaca yang tidak menentu, hujan yang tak kunjung reda, dan air yang terus menggenang membuat para korban harus rela berlama-lama di pengungsian dengan kondisi seadanya. Inilah mengapa, tips mencegah flu dan batuk sangat diperlukan di saat pancaroba seperti ini, termasuk jika memang sudah terjangkit, hal-hal di bawah ini tetap bisa menjadi solusi.
7 Langkah Mudah untuk Mencegah Flu dan Batuk
Cegah Flu dan Batuk dengan 7 Langkah Mudah


Langkah 1, Pahami sebab terjadinya flu
Flu ditularkan oleh semacam virus. Virus ini sangat senang dengan hawa dingin dan tidak suka dengan hawa panas. Sehingga saat dingin dia sangat mudah berkembang biak dan dapat memperparah flu. Beberapa jenis flu seperti influenza disebabkan oleh bacteria. Nah, makhluk hidup yang berukuran kecil ini bisa menular ke anda melalui banyak hal termasuk makanan dan minuman sehari-hari yang masuk dalam perut.

Langkah 2, Jaga Kebersihan
Karena makanan dapat menjadi penyebab kita terkena flu, apalagi tempat-tempat yang berdebu? Malah sangat mungkin banyak virus yang berkembang di sana. Nah, disadari atau tidak, manusia mempunyai kebiasaan untuk memegang hidung atau mulut pada saat-saat tertentu. Saat seperti inilah, jika tangan anda tidak bersih maka akan dengan mudah virus memasuki rongga pernapasan anda dan berkembang biak di organ tersebut. Flu pun datang.

Langkah 3, Hindari kontak dengan orang yang terkena flu
Flu sangat mudah menular. Ketika ada satu teman yang terjangkiti flu, maka kontak langsung dengan dia mau tidak mau harus dikurangi. Tujuannya, agar anda juga terjaga dari penularan virus tersebut.
Sebaliknya, jika anda adalah penderita flu. Alangkah baiknya jika anda lebih banyak beristirahat dan menjaga kontak langsung dengan orang lain. Agar virus flu tersebut tidak tertular padanya. Apalagi jika yang tertular adalah anak anda. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Pakailah tisu, masker, dan sapu tangan untuk menutup mulut anda saat bersin.

Langkah 4, Hidup sehat
Saya yakin, saat flu menyerang, anda akan merasa tidak enak badan. Gunakanlah waktu anda untuk benar-benar beristirahat dengan tenang. Istirahat yang cukup akan membantu proses pemulihan tubuh anda dan menambahkan daya imun anda. Selain itu, anda bisa memakan makanan sehat (usahakan untuk tidak mengkonsumsi gorengan selama anda flu, karena itu hanya akan membuat tenggorokan anda semakin sakit) dan berolahraga ringan (seperti jalan kaki). Jangan lupa untuk meminum air putih yang banyak dan hentikan dulu rokok.

Langkah 5, Tambahkan suplemen atau asupan gizi lainnya
Suplemen yang mengandung selenium, vitamin C, dan Zinc bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Saat daya tahan tubuh anda baik, maka kemungkinan anda terjangkit virus juga akan kecil.

Langkah 6, Vaksinasi
Jika memang memungkinkan untuk melakukan vaksin, maka lakukanlah. Apalagi jika kondisinya banjir seperti di Jakarta sekarang. Vaksin jelas sangat dibutuhkan agar anda tidak tertular.

Langkah 7, Jangan bersikap dingin
Sikap dingin anda ternyata berpengaruh terhadap metabolisme tubuh anda. Tetaplah tenang dan jangan stress meskipun banyak orang di sekitar anda terkena flu dan batuk. Dengan sikap seperti ini, tubuh anda akan tersugesti untuk selalu sehat dan anda akan benar-benar sehat. Cara lainnya adalah dengan membantu orang lain.

Salam Diet sehat Cantik - www.dietsehatcantik.com

Hindayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar