Kumpulan Resep Masakan Kreasi Ikan | Cara Diet Sehat

Kumpulan Resep Masakan Kreasi Ikan


Kumpulan Resep Masakan Kreasi Ikan - Ikan merupakan salah satu sumber protein yang penting untuk tubuh. Selain protein, ikan juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti asam lemak omega 3 yang diperlukan oleh tubuh kita. Nah, agar tidak bosan, Anda bisa membuat menu kreasi ikan dengan banyak cara pengolahan.

Kumpulan resep masakan berbahan dasar ikan yang lezat, praktis, dan bergizi

Kumpulan resep masakan berbahan dasar ikan yang lezat, praktis, dan bergizi

Ikan Mas Naniura

Bahan-bahan:
½ kg ikan mas, 3 biji asam jungga atau jeruk nipis, ¼ ons andaliman, 1 ons kemiri, 1 ruas lengkuas, 1 ruas kunyit, 2 ikat rias, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, dan ½ ons cabai merah.
Cara Membuat:
Bersihkan ikan dengan cara membelahnya dan mengambil durinya. Lalu diamkan selama 5 jam setelah diberi garam dan asam. Haluskan semua bumbu yang terdiri dari;
  • Kemiri yang sudah disangrai
  • Jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng
  • Rias yang sudah dikukus
  • Cabai
Lumuri ikan dengan bumbu lalu diamkan selama 1 jam. Ikan siap disajikan.

Ikan Dori Telur Asin

Bahan-bahan:
100 gr ikan dori fillet, ½ buah jeruk lemon peras, ¼ sdt garam, 1 telur asin (ambil kuningnya), 2 siung bawang putih, dan 1 sdm mentega.
Bahan untuk tepung:
25 gr terigu, 10 gr maizena, ½ sdt baking powder, ¼ sdt garam, dan 40 ml air dingin.
Cara Membuat:
Salah satu kumpulan resep masakan ini pun mudah untuk dipraktikkan. Pertama, lumuri ikan dengan lemon dan garam, lalu diamkan selama 15 menit. Campur semua bahan untuk tepung hingga rata. Kemudian, balut ikan dengan adonan tepung dan goreng hingga kecokelatan. Tumis bawang putih dan tambahkan kuning telur asin yang sudah dihancurkan. Masukkan ikan dan campur merata. Ikan pun siap dihidangkan.

Tongkol Garo Rica

Bahan-bahan:
1 ekor ikan tongkol (bersihkan dan potong-potong), 2dm air jeruk nipis, ½ sdt garam, 4 lembar daun jeruk, 4 sdm minyak, dan 10 siung bawang merah (iris kasar).
Bahan untuk bumbu:
10 siung bawang merah, 10-15 buah cabai merah keriting, 5 siung bawang putih, 1 ruas jahe (parut), dan garam secukupnya.
Cara Membuat:
Cuci ikan tongkol, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama 30 menit. Tumis irisan bawang merah, bumbu yang sudah dihaluskan, dan daun jeruk. Tambahkan segelas air panas dan aduk hingga mendidih. Masukkan ikan dan biarkan hingga air berkurang. Tambahkan kembali segelas air panas, lalu tutup dan masak dengan api kecil hingga ikan matang. Sajikan selagi hangat.

Di artikel sebelumnya juga kita sajikan kreasi makanan ikan tongkol juga lho.

Nah, itulah kumpulan resep masakan yang berbahan dasar ikan untuk Anda praktikkan di rumah. Tertarik untuk mencoba menu kreasi ikan di atas? Pastikan Anda selalu memilih ikan yang masih segar untuk bahan dasar hidangan Anda. Selamat memasak! DietSehatCantik.com (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar