Inilah 7 Makanan Sehat untuk Jantung | Cara Diet Sehat

Inilah 7 Makanan Sehat untuk Jantung


Inilah 7 Makanan Sehat untuk Jantung - Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung merupakan cara paling sederhana yang bisa dilakukan oleh seseorang agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain. Pasalnya, penyebab utama terjadinya penyakit ini disinyalir berasal dari kurangnya perhatian atas pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Ya, semakin banyak makanan tidak sehat yang kita makan, risiko untuk terkena penyakit kronis semakin besar. Oleh karena itu, akan sangat baik jika kita semua mau mengubah gaya hidup dan menerapkan pola hidup sehat dengan diawali dengan asupan makanan yang sehat pula.

Dalam kesempatan kali ini, DSC akan membagi beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi dalam upaya untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Setelah sebelumnya kami juga membahas tentang makanan sehat untuk Anda yang sedang melakukan program diet sehat (pagi, siang dan malam). Langsung saja, berikut daftar makanan sehat untuk kesehatan jantung Anda. Simak.

Daftar 7 Makanan Sehat untuk Jantung

Daftar Makanan Sehat untuk Jantung

Pertama, kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang seperti almond dan walnut sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Dua jenis kacang ini mengandung lemak tak jenuh mono dan poly unsaturated fat yang baik untuk jantung. Secara detail, almond memiliki kandungan vitamin B2, vitamin E, zinc, dan magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung sekaligus mengembalikan mood yang kurang baik. Adalah vitamin B dan magnesium yang memproduksi serotonin untuk mengembalikan mood Anda tersebut.  Selain itu, zinc juga bisa mengurangi stres yang terjadi pada manusia.

Kedua, minyak zaitun


Hampir sama dengan kacang-kacangan, jenis minyak yang satu ini juga baik untuk kesehatan jantung Anda karena mengandung mono unsaturated fat yang mampu menurunkan kadar kolesterol baik secara total maupun kolesterol jahat atau LDL. Seperti diketahui, penyebab penyakit jantung atau serangan jantung mendadak salah satunya adalah karena timbunan kolesterol dalam pembuluh darah yang kemudian membuatnya menyempit. Dalam kasus yang ekstrem, timbunan yang terjadi pada pembuluh darah dekat mata bisa mengakibatkan kebutaan.

Ketiga, ikan salmon


Selain baik untuk menurunkan berat badan, salmon juga termasuk dalam makanan sehat untuk jantung. Ikan yang satu ini mengandung asam lemak omega 3 yang mampu memberikan gizi untuk jantung Anda sehingga dia tetap sehat.

Keempat, kacang merah dan kedelai


Tempe dan tahu adalah dua lauk yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Dua makanan ini sangat bermanfaat bagi Anda karena mengandung zat besi, vitamin B, kalsium, dan tentunya protein. Kandungan ini sangat penting untuk jantung. Bahkan dalam sebuah studi disebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kacang merah dan kedelai 4 kali dalam seminggu berpotensi untuk menurunkan kemungkinannya terkena jantung sebesar 22 % dibanding dengan mereka yang hanya mengonsumsi kacang sebanyak satu kali dalam seminggu. Jadi, angka minimal Anda mengonsumsi olahan ini adalah setidaknya 4 kali dalam seminggu.

Kelima, brokoli


Mengandung banyak antioksidan dan dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker. Brokoli hijau dengan sayur segar lainnya seperti bayam memiliki kandungan anti inflamasi dan bisa digunakan untuk detoksifikasi. Hal ini telah diteliti pada tahun 2008 tentang kegunaan brokoli secara tidak langsung untuk kesehatan jantung dengan 2 kandungan yang telah disebutkan sebelumnya.

Keenam, berry


Buah berry seperti strawberry dan blueberry sempat dicatatkan dalam Nutritional Review sebagai salah satu buah yang menurunkan risiko inflamasi dan menjaga kesehatan jantung. Secara khusus, blueberry banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat menghilangkan stres. Baiknya, buah-buahan ini memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman bagi Anda yang sedang diet menguruskan badan.

Ketujuh, oatmeal


Sebanyak 67 penelitian atau studi telah membuktikan bahwa kandungan oatmeal mampu menjaga kesehatan jantung karena mengandung banyak serat dan berperan aktif dalam memerangi kolesterol jahat dalam darah. Selain dapat menurunkan kadar total kolesterol, oatmeal secara khusus memilih LDL kolesterol untuk diturunkan.
Itulah 7 makanan sehat untuk jantung yang perlu Anda tahu guna menjaga kesehatan jantung Anda.

Semoga bermanfaat

Salam Diet Sehat Cantik – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar