Manfaat dan Cara Melakukan Senam Jantung Sehat | Cara Diet Sehat

Manfaat dan Cara Melakukan Senam Jantung Sehat


Manfaat dan Cara Melakukan Senam Jantung Sehat – Senam jantung ditujukan untuk menjaga kesehatan jantung dan sudah cukup populer di Indonesia. Sampai saat ini, senam ini sudah dibuat dalam beberapa seri dengan gerakan yang mudah ditiru dan musik yang asyik.

Sekilas tentang senam jantung sehat, manfaat, durasi, dan cara melakukannya

Manfaat dan Cara Melakukan Senam Jantung Sehat

Manfaat senam jantung

Senam jantung secara umum ditujukan untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung. Untuk mencapai ini, senam jantung biasanya berguna untuk;

Pertama, melancarkan aliran darah

Fungsi utama senam jantung adalah memperlancar aliran darah pada manusia. Fungsi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sebab bisa mencegah terjadinya penyakit stroke, jantung koroner, dan yang lainnya. Juga bisa membantu mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh timbunan lemak dan kolesterol yang kini sudah menjadi momok karena gaya hidup yang tidak sehat.

Kedua, memperbaiki denyut nadi

Salah satu komponen yang amat penting untuk menunjukkan kesehatan jantung adalah denyut nadi. Untuk itu, senam jantung juga ditujukan untuk memperbaiki denyut nadi. Sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

ketiga, metabolisme berjalan baik

Ketika seseorang rutin berolahraga senam jantung sehat ini, kondisi fisiknya akan membaik dan metabolismenya pun bisa membaik. Ini logis, sebab memang olahraga sangat baik buat tubuh dan keseluruhan organ. Sebagaimana diketahui, jika cukup berolahraga maka tubuh akan memiliki daya tahan yang lebih baik dan tentu saja lebih sehat.

Durasi dan cara melakukan senam jantung

Senam jantung ini sudah ada beberapa seri seperti disebutkan sebelumnya. Durasinya biasanya adalah 30 menit yang terdiri dari pemanasan, bagian inti yang disebut conditioning, dan pendinginan. Tiga tahapan ini dijalankan pada masing-masing seri dan bisa Anda coba di rumah dengan musik senam jantung yang sudah bisa diunduh gratis. Yang terpenting adalah tahapan yang ada dalam senam jantung tidak boleh terlewat, karena ketiganya memiliki tujuan tertentu. Tahap pemanasan misalnya, memiliki tujuan untuk membuat tubuh siap melakukan senam dengan salah satunya meningkatkan suhu tubuh sehingga mampu melakukan tahapan berikutnya yakni conditioning yang biasanya dilakukan selama 20 hingga 30 menit.

Conditioning ini membutuhkan tubuh yang siap karena memang menjadi senam inti dari serangkaian senam sehat jantung. Setelah dalam posisi pemanasan dan gerakan conditioning, Anda harus melakukan pendinginan untuk mengatur kembali posisi tubuh Anda dan mendinginkan kembali suhu tubuh Anda. Pada tahap terakhir ini biasanya juga terlihat frekuensi dari detak jantung yang kembali ke angka normal dan keringat juga mulai berkurang.

Komitmen dan pengawasan

Sebelum melakukan senam jantung ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter yang merawat. Terutama untuk orang yang sudah berumur dengan performa jantung yang biasanya memang melemah mengikuti pertambahan usia. Pengawasan dari orang yang ahli di bidangnya diperlukan supaya senam ini tetap aman dan sehat.

Kemudian, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung dari awal, senam jantung sehat yang simpel ini juga bisa menjadi solusi. Demikian sebagaimana diolah dari berbagai sumber oleh dietsehatcantik.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar