Menu Sahur Sehat Puasa Kuat, Ini yang Wajib Ada


Beberapa menu sahur sehat yang akan kami tulis dalam artikel ini bisa Anda pilih untuk membantu kebugaran Anda selama berpuasa. Pilihan makanan saat sahur berikut jumlah porsinya bisa jadi kunci kebugaran Anda saat sedang berpuasa. Salah pilih makanan, bisa-bisa membuat Anda cepat haus, lemas di siang hari, atau keluhan lainnya. Untuk itu, sebagai ibu rumah tangga yang baik, yuk simak tips memilih menu makanan sahur sehat berikut ini.

Ini lho menu sahur sehat puasa kuat yang harus ada di meja makan

Menu Sahur Sehat Puasa Kuat, Ini yang Wajib Ada

Sayuran hijau

Beberapa sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, dan bayam bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang sedang sahur untuk puasa. Pasalnya, sayuran hijau tersebut mengandung serat tinggi dan rendah kalori.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak dan produknya juga memiliki kandungan yang baik buat kesehatan. Utamanya adalah kalsium yang sangat dibutuhkan selama Anda berpuasa.

Buah apel

Alasan mengapa apel sangat baik buat sahur adalah karena kandungan serat dan juga air di dalamnya yang cukup banyak. Selain bisa menekan nafsu makan, apel juga bisa menjadi buah yang bisa digunakan untuk menjaga rasa kenyang dan tentu saja menjaga berat badan ideal atau bahkan menurunkan berat badan.

Ikan

Ikan laut yang mengandung asam lemak omega 3 juga bisa menjadi pilihan yang pas. Anda bisa memilih tuna, sarden, salmon, atau pun makarel untuk menu sahur sehat. Selain itu, menu makan ikan juga bisa mengenyangkan perut, juga bisa memperlancar sistem metabolisme tubuh manusia.

Kacang-kacangan

Salah satu tips memilih menu makanan sahur saat puasa Ramadhan adalah memilih makanan yang berprotein. Di mana menu ini bisa membantu Anda untuk kenyang lebih lama. Anda bisa mendapatkan makanan berprotein ini dari kacang-kacangan.

Telur

Telur khususnya yang direbus juga bisa lho jadi pilihan dalam menu makanan sehat saat sahur di bulan Ramadhan. Sama dengan kacang-kacangan, telur mengandung protein dan bisa mengenyangkan perut. Apalagi jika Anda konsumsi putih telurnya saja.

Daging

Tidak hanya ikan, pilihan lauk pauk saat sahur yang bisa Anda pilih salah satunya adalah daging, khususnya daging sapi. Namun, pastikan Anda memilih daging yang tidak mengandung lemak dan perhatikan porsi daging yang dikonsumsi.

Baca Juga: Ini 4 Tips Diet Sehat Biar Gak Gagal

Kedelai – tempe dan tahu

Kedelai juga merupakan makanan berprotein yang harusnya ada saat Anda sedang sahur. Produk kedelai yang sangat populer di Indonesia adalah tempe dan tahu. Keduanya dibuat dari kedelai sehingga kandungan proteinnya pun selalu dinantikan. Pengolahan tempe dan tahu saat sahur juga tidak sulit, Anda bisa mengolahnya dengan cara apa saja, asalkan tidak digoreng karena seharusnya Anda menghindari makanan yang digoreng saat sahur.

Menu makanan sehat sahur saat puasa Ramadhan 1436 H di atas harus diimbangi dengan pengetahuan tentang menu makanan yang harusnya dihindari. Silakan simak di artikel kami sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar