6 Menu Makanan Berbuka Puasa yang Sehat dan Lezat – Try This! | Cara Diet Sehat

6 Menu Makanan Berbuka Puasa yang Sehat dan Lezat – Try This!


Tak hanya menu makanan sehat sahur yang harus Anda konsumsi, tetapi saat berbuka, Anda juga harus memilih menu makanan berbuka puasa yang sehat dan lezat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk selalu segar dan bugar saat menjalankan puasa di siang hari. Selain itu, kebutuhan nutrisi Anda juga akan terjaga dan tidak ada keluhan kesehatan selama menjalani ibadah wajib pada bulan suci Ramadhan. Jika biasanya banyak sekali makanan yang disajikan di pasar sore jelang buka puasa, berbeda dengan menu makanan sehat yang akan dipaparkan berikut. Anda tidak perlu repot membelinya, cukup membuat dan mendapatkannya di rumah.

Inilah 6 menu makanan berbuka puasa yang sehat dan lezat – try this!

Menu Makanan Berbuka Puasa

Pertama, air putih

Saat berbuka, Anda harus mengembalikan ion tubuh Anda dan tetap ter-hidrasi. Anda harus mencukupi kebutuhan konsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas dalam sehari, pembagiannya untuk sahur dan berbuka. Lebih banyak akan lebih baik untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bugar. Air putih harus dikonsumsi sebelum mengonsumsi makanan lain untuk mendapatkan manfaat yang banyak dari minuman yang satu ini.

Kedua, kurma

Mengonsumsi kurma tidak hanya dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda selama berpuasa. Hal ini juga menjadi kegiatan yang sangat baik karena merupakan makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Ketiga, buah-buahan

Anda bisa mengonsumsi buah apa pun yang Anda suka, tetapi akan sangat baik jika Anda mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan air. Buah yang kaya akan air bisa Anda peroleh dari semangka, anggur atau melon, serta buah lainnya. Hal ini karena buah dengan kadar air yang sangat tinggi dapat dicerna tubuh dengan mudah sehingga tubuh juga akan tercukupi dengan nutrisi dengan cepat.

Keempat, makan sup

Menu makanan berbuka yang juga harus Anda konsumsi keempat adalah makanan sehat seperti sup. Hal ini karena pengolahan sup sangat sehat tidak seperti makanan yang digoreng. Sup mengandung sayur dalam jumlah banyak, mudah dicerna dan akan melengkapi kebutuhan nutrisi Anda.

Kelima, karbohidrat kompleks

Pilihlah menu karbohidrat kompleks untuk melengkapi kebutuhan makanan sehat saat berbuka. Makanan ini akan memberikan manfaat yang sangat baik dan membantu perut Anda untuk beradaptasi dengan makanan setelah lama tidak makan seharian. Pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti protein, potasium, vitamin C, dan antioksidan, serta kandungan sehat dari makanan lainnya.

Keenam, telur

Telur merupakan makanan yang mengandung protein. Bisa dibilang, dengan telur ini kebutuhan akan protein untuk tubuh Anda bisa terpenuhi. Telur juga mengandung 9 jenis asam amino yang sangat penting untuk tubuh Anda.


Nah, itulah 6 menu makanan berbuka yang sehat dan lezat yang pantang untuk dilewatkan. Pandailah memilih resep masakan agar tidak bosan dengan olahan yang itu-itu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar