11 Cara Menahan Lapar Malam Saat Sedang Diet | Cara Diet Sehat

11 Cara Menahan Lapar Malam Saat Sedang Diet


Salah satu perjuangan yang hampir sering membuat gagal diet adalah menahan lapar saat malam hari. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Jika Anda pernah, berarti sama dengan saya.

Saya pun sering merasa lapar saat malam hari. Bahkan sudah sejak dulu, waktu masih duduk di bangku sekolah.

But, bagi saya, that’s not a big deal. Karena saya sudah bisa menyiasatinya.

Begini lho cara menahan lapar malam saat sedang diet yang saya lakukan

11 Cara Menahan Lapar Malam Saat Sedang Diet

Sudah bertahun-tahun saya melakukan ini dan Alhamdulillah bisa dibilang berhasil. Anda pun boleh mencobanya.

Saya cari tahu dulu sebab lapar

Mengetahui sebabnya itu penting lho gaes! Apa itu karena;

  • Lupa tidak makan siang
  • Terlalu banyak aktivitas
  • Makan dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya

Atau sebab klise seperti;

  • Tiba-tiba saja ingin makan, bisa jadi karena stres.
  • Ingin ngemil saat sedang bekerja di depan laptop.

Coba cari tahu dulu. Ingat-ingat kembali apa yang Anda lakukan seharian ini. Tidak butuh waktu lama kok untuk melakukan langkah pertama ini. 15 detik sudah lebih dari cukup.

Mengalihkan perhatian

Kalau sudah lapar, biasanya otak kita akan memikirkan tentang makanan terus. Nah, ini harus dialihkan. Kemana?

Saya pribadi lebih memilih musik, karena saya menyukainya. Jadi, Anda juga bisa melakukan hal yang Anda sukai untuk mengalihkan perhatian dari rasa lapar yang mengganggu. Bisa jadi;

  1. Main dengan anak
  2. Selfie
  3. Buka media sosial, update status atau posting foto
  4. Nge-game
  5. Ngobrol dengan teman
  6. Membaca buku, atau yang lainnya.

Temukan apa saja yang bisa membuat Anda lupa dengan rasa lapar. Hal-hal yang positif lebih baik untuk diet Anda.

Minum air putih

Jika perhatian saya tak kunjung teralihkan meski sudah mendengarkan musik, saya akan mencoba langkah pertama untuk membuat perut saya terisi. Dan pilihan pertama saya selalu jatuh pada air putih.

Yes, pilihan ini menurut saya benar-benar pas.

Lho, mbak, lapar kok dikasih minum? Minum itu kalau haus, mbak?

Eits, jangan protes dulu.

Air putih itu manfaatnya banyak, salah satunya adalah untuk meredam keinginan untuk makan di malam hari. Cara menahan lapar yang satu ini sudah saya praktekkan sejak saya masih SMA. Biasanya, sambil mengerjakan tugas sekolah saya meminumnya.

Selain itu, dari apa yang saya rasakan, minum air putih bisa membuat fokus meningkat, atau at least stabil. Saya bisa berpikir dengan tenang, mengerjakan sesuatu dengan cepat dan akurat.

Sampai sekarang pun kalau sedang bekerja, di meja saya selalu ada air putih. Selalu reload kalau habis.

Buat saya, air putih adalah penahan lapar, pengganti camilan, dan teman belajar yang handal.

Tapi, jangan protes ya kalau jadi sering buang air kecil.

Makan yang sehat

Kalau air putih sudah tidak mempan. Biasanya saya tetap akan makan. Tapi, bukan sembarang makanan.

Pilihan saya adalah;

  1. Sayuran: saya akan melihat meja makan, kalau masih ada sayuran yang tersisa, saya akan mengonsumsinya. Kalau tidak ada, saya akan memasak sebentar. Seperti merebus kacang panjang, kentang atau wortel. Khusus wortel dan kacang panjang, kadang langsung dimakan.
  2. Buah-buahan: buah apel, jeruk, pir, bengkuang, dan pisang. Setiap hari, salah satu dari buah ini harus ada di rumah. Kalau lagi musim, mangga juga menjadi pilihan.

Porsi makanan juga harus diawasi. Jangan kebablasan. Cukup untuk menghentikan rasa lapar, setelah itu kembali ke air putih. Kalau saya, 1 buah apel sudah cukup. Itu pun kadang masih saya makan bareng suami.

Menggosok gigi

Kenapa menggosok gigi bisa menahan lapar? Saya yakin Anda tahu jawabannya.

Hampir semua orang akan merasa malas makan saat sudah menggosok gigi. Ada saja alasannya. Mulai dari rasa makanan yang cenderung berbeda jika makan setelah menggosok gigi. Atau yang paling lucu adalah merasa kurang nyaman jika harus mengotori gigi yang sudah dibersihkan.

Apapun alasannya, selama bisa menjadi solusi untuk tidak makan di malam hari, kenapa tidak?

Hindari memesan makanan (baik Online maupun beli langsung)

Mudahnya memesan makanan via online menjadi tantangan terbesar buat yang sedang diet. Apalagi kini makin banyak warung makan dan restoran yang buka 24 jam.

Tidak hanya itu, penjual keliling seperti nasi goreng, bakso, tahu telor, dan lainnya kini juga makin berani berjualan sampai larut malam. Kalau bunyi tek tek atau tok tok sudah terdengar di telinga, kaki rasanya ingin segera melangkah keluar rumah untuk memanggil penjualnya.

Istirahat

Mengistirahatkan badan juga bisa menjadi salah satu cara menahan lapar saat malam, lho? Coba rebahan sebentar. Tapi jangan sampai ketiduran ya?

Ini juga bisa menjadi trik diet sehat buat Anda. Fungsinya adalah menekan rasa lapar, mengembalikan kebugaran tubuh, dan membuat otak lebih fokus.

Sejauh ini, cara yang saya lakukan di atas cukup mampu membuat rasa lapar pergi. Tapi karena sudah sering merasakannya, saya merasa perlu untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak lapar di malam hari. Apa saja pencegahannya? Lanjut ...

Artikel menarik lainnya: 7 Mitos Diet yang Harus Anda Ubah, Based on Journal

Pencegahan 1: makan tepat waktu

Sarapan pagi, sarapan siang, dan makan malam tidak boleh ada yang terlewat. Skip satu saja bisa membuat kita merasa lapar di malam hari.

Jadi, kecuali karena lupa, saya tidak akan melewatkan jam makan saya.

Pencegahan 2: pilih makanan yang bikin kenyang lama

Sebagai manusia kita harus bijak dalam memilih makanan yang masuk di perut. Jika niatnya sekedar makan saja, yang didapatkan juga hanya sekadarnya.

Oleh karena itu, jika tidak ingin merasa lapar di malam hari, baiknya pilih makanan yang membuat perut terisi lebih lama. Beberapa makanan yang direkomendasikan;

  1. Makanan tinggi serat. Seperti; sayur dan buah-buahan. Kalau saya pribadi, perbandingan nasi dan sayur adalah 1 : 2, lebih banyak sayurnya ketimbang nasinya.
  2. Makanan berprotein. Seperti: telur, tahu, dan tempe.
  3. Hindari makanan yang bisa membuat perut cepat terasa kosong seperti mi instan.

Selain memilih makanan di atas, baiknya saat mengonsumsinya, Anda juga mengunyahnya sampai lembut atau halus. Sebab cara ini bisa membuat makanan aman dan perut tidak mudah lapar.

Pencegahan 3: istirahat cukup, tidur lebih awal

Kelelahan karena kurang istirahat bisa menjadi penyebab Anda merasa lapar di malam hari. Jadi, pastikan Anda mengatur jam istirahat selain jam makan.

Selain itu, berangkat tidur lebih awal juga bisa menghindarkan Anda dari rasa lapar, lho? Dari pengalaman saya sih begitu. Semakin malam saya berangkat tidur, maka semakin banyak kesempatan saya untuk merasa lapar dan mencari-cari kira-kira apa yang bisa saya makan.

Pencegahan 4: perhatikan isi kulkas Anda

Jujur, siapa yang kalau lapar malam hari langsung berjalan ke arah dapur dan membuka pintu kulkas?

Hayooo...

Mayoritas orang yang lapar di malam hari akan teringat makanan yang ada di kulkas.

Oleh karena itu, perhatikan dan awasi apa saja yang Anda beli dan disimpan di dalam kulkas. Kalau sedang ingin mengendalikan berat badan ideal atau menurunkan berat badan, sebaiknya jangan simpan makanan yang kurang sehat. Apa contohnya?

  • Donat, roti coklat, dan makanan manis lainnya.
  • Es krim dan minuman bersoda.
  • Snack atau makanan ringan kemasan.
  • Makanan beku seperti kentang beku yang siap untuk digoreng

Pencegahan 5: atur aktifitas, hindari stres

Mengatur jadwal akan membuat aktifitas harian makin terstruktur dengan baik. Manfaatnya banyak, dua di antaranya adalah bisa membantu Anda terhindar dari kelelahan dan stres.

Dari pengalaman saya, cara menahan lapar saat malam hari di atas sih berhasil. Tapi entah trik diet sehat di atas akan bekerja pada Anda atau tidak. Just try, and you can find whether it works or not. Semangat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar