5 Cara Menurunkan Berat Badan Alami dan Aman | Cara Diet Sehat

5 Cara Menurunkan Berat Badan Alami dan Aman


Cara menurunkan berat badan alami sebenarnya cukup mudah. Kini, beragam obat diet dijual bebas di pasaran dengan iming-iming hasil yang memuaskan. Bahkan, ada produk-produk yang menjanjikan hasil tubuh langsing ideal dengan waktu yang relatif sangat cepat. Tentu saja Anda harus pintar memilih produk yang aman untuk tubuh Anda. Namun, jika Anda lebih menginginkan untuk mendapatkan tubuh proporsional dengan cara yang alami dan aman, Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini.

Ini lho 5 cara menurunkan berat badan alami dan aman yang bisa diaplikasikan sehari-hari

Ini lho 5 cara menurunkan berat badan alami dan aman yang bisa diaplikasikan sehari-hari

Tentukan Target

Untuk mendapatkan hasil diet yang memuaskan, tentukan target yang jelas. Sebaiknya tentukan target penurunan lemak secara berkala agar Anda memiliki gambaran tubuh ideal yang Anda impikan. Lalu, timbanglah berat badan Anda misalnya seminggu sekali untuk membuat Anda semakin termotivasi untuk mencapai target. Namun, buatlah target yang rasional agar tidak terlalu memberatkan dan menyiksa Anda.

Atur Konsumsi Makanan

Pada dasarnya, diet adalah cara untuk mengatur pola makan seimbang dan sehat. Konsumsilah minimal 3 kategori makanan setiap kali Anda makan, namun dengan porsi terjaga. Kategori 1 adalah roti, sereal, dan gandum; kategori 2 adalah buah dan sayur; kategori 3 adalah susu rendah lemak dan kedelai; sedangkan kategori 4 adalah daging rendah lemak, ikan, dan kacang.

Hindari Kalori Tertentu

Cara menurunkan berat badan alami dan aman berikutnya adalah dengan menghindari kalori tertentu. Kalori dalam makanan cair dapat menyebabkan berat badan Anda naik secara cepat. Karena itu, hindari mengonsumsi minuman dengan kalori tinggi, misalnya soft drink atau minuman bersoda. Kopi dan alkohol juga termasuk minuman yang harus Anda hindari ketika melakukan program diet.

Kurangi Makanan Olahan

Makanan hijau seperti sayur-sayuran, buah-buahan, serta gandum utuh (whole grain) adalah makanan yang baik untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari makanan-makanan tersebut. Mengolahnya menjadi berbagai macam cara bisa membuat seratnya berkurang dan tidak membuat Anda lebih kenyang.

Hindari Energy Drink

Minuman dengan label energy drink adalah jenis minuman yang mengandung banyak kalori. Minuman ini akan tetap menambah asupan kalori dalam tubuh meski Anda meminumnya sambil berolahraga. Karena itu, kurangilah konsumsi minuman ini dan hanya minum ketika diperlukan saja.

Itulah 5 cara menurunkan berat badan alami dan aman yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan tubuh ideal dengan cepat. Selain melakukan cara-cara di atas secara teratur, imbangi juga program penurunan berat badan Anda dengan olahraga secara teratur. Melakukan olahraga yang bisa membakar lemak akan sangat membantu Anda menurunkan berat badan. Paling tidak, lakukanlah olahraga sekitar 30 menit sehari untuk mendapatkan hasil diet yang memuaskan. (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar