5 Manfaat Senam Zumba Jadikan Tubuh Langsing, Asyik! | Cara Diet Sehat

5 Manfaat Senam Zumba Jadikan Tubuh Langsing, Asyik!


Senam Zumba merupakan serangkaian gerakan tari yang diiringi dengan musik dengan tempo sedang ataupun cepat. Sesuai dengan arti katanya dalam bahasa Kolombia yang berarti bersenang-senang serta bergerak cepat, gerakan-gerakan senam ini pun cepat namun menyenangkan. Senam yang diciptakan secara tidak sengaja oleh Alberto Perez, seorang instruktur senam aerobik ini pun kemudian populer karena gerakannya serta iringan lagu Latin-nya yang menyenangkan.

Ini 5 manfaat berlatih senam zumba agar tubuh langsing ideal, bugar, dan segar

 Ini 5 manfaat berlatih senam zumba agar tubuh langsing ideal, bugar, dan segar

Membakar Kalori

Gerakan-gerakan pada senam ini dirancang untuk menggerakkan sebagian besar otot tubuh, sehingga berfungsi untuk membakar lemak. Bahkan, melakukan senam ini selama satu jam terbukti dapat membakar sekitar 450 kalori. Karenanya, orang-orang dengan masalah obesitas banyak yang mencoba beralih pada senam ini untuk menyukseskan program penurunan berat badan mereka.

Memfokuskan Pikiran

Senam ini mengombinasikan berbagai gerakan tarian, sehingga peserta harus fokus pada setiap gerakan. Gerakan-gerakan yang biasanya dikombinasikan dalam senam ini misalnya tari perut, cha-cha, salsa, serta hip-hop. Nah, ketelitian peserta dalam mengikuti setiap gerakan itu pun akan melatih pikiran mereka untuk selalu fokus.

Meningkatkan Koordinasi Antaranggota Tubuh

Gerakan-gerakan dalam senam zumba yang merupakan penggabungan dari banyak tarian bisa meningkatkan koordinasi antaranggota tubuh. Hal ini karena beberapa tarian seperti salsa dan samba memerlukan kelincahan dan kejelian yang tinggi. Karena itu juga, biasanya Anda disarankan untuk mengenakan sepatu yang nyaman serta tidak memakai perhiasan berlebihan agar bisa bergerak dengan bebas. Namun, untuk anak-anak terdapat program zumbatomic yang merupakan bentuk penyederhanaan dari senam ini yang bisa dipraktikkan dengan mudah.

Menyehatkan Otot dan Tulang

Senam ini melibatkan banyak gerakan seperti melompat atau berputar. Karena itu, berlatih zumba secara teratur dapat menyehatkan otot dan tulang yang penting. Itu karena senam ini fokus untuk membentuk dan mengencangkan otot dan tulang di daerah punggung, pantat, perut, serta kaki (terutama kaki bagian atas). Ini baik bagi Anda yang ingin membuat perut, pantat, atau bagian atas kaki terlihat lebih ramping.

Meningkatkan Stamina

Sama seperti olahraga lainnya seperti aerobik, melakukan senam ini bisa meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh. Karena gerakannya yang memberikan banyak latihan fisik, senam ini akan memacu detak jantung dan membuat Anda berkeringat. Selain itu, senam ini juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh.

Nah, itu dia 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlatih senam zumba secara rutin dan teratur. Jika Anda masih termasuk pemula untuk senam ini, Anda bisa mencoba mengikuti program Aqua Zumba yang sengaja didesain dengan gerakan yang lebih lambat. Selain itu, ada juga program Gold Zumba yang memang dirancang sebagai olahraga low-impact untuk para lansia. (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar