5 Gerakan Senam Ibu Hamil di Rumah + Tata Cara | Cara Diet Sehat

5 Gerakan Senam Ibu Hamil di Rumah + Tata Cara


5 Gerakan Senam Ibu Hamil di Rumah + Tata Cara – Menjaga kehamilan merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, juga memang merupakan bagian dari wujud rasa syukur karena telah dikaruniai Rezeki dari Tuhan berupa janin dalam kandungan. Tak heran bila banyak ibu hamil yang melakukan banyak cara khusus untuk menjaga kehamilannya. Di antaranya ikhlas untuk beristirahat dan tidak melakukan rutinitas yang berat, meninggalkan dulu pekerjaannya selama hamil, makan-makanan bergizi, dan yang lainnya. Selain usaha-usaha tersebut, senam hamil menjadi salah satu hal yang juga perlu dilakukan. Untuk menjaga kesehatan ibu saat hamil juga membuat tubuh makin rileks ketika menjalani masa-masa kehamilan yang membahagiakan.

Ini dia tata cara dan gerakan senam ibu hamil di rumah sendiri

tata cara dan gerakan senam ibu hamil di rumah sendiri

Duduk bersila

Gerakan pertama ini banyak diterapkan oleh ibu hamil guna mendapatkan pikiran yang lebih tenang dan rileks selama masa kehamilan. Caranya adalah dengan duduk bersila dengan posisi badan tegak sementara tangan di bawa ke depan. Tangan bisa taruh di atas lutut kaki yang sudah ditekuk. Kemudian diam dan jernihkan pikiran, usahakan tetap rileks saat menjalankan gerakan ini.

Merangkak

Gerakan kedua adalah merangkak, gerakan ini biasanya dilakukan dalam rangka pengaturan nafas juga otot-otot tertentu. Caranya adalah dengan cara merangkak, posisi tangan dan lutut yang ditekuk harus sejajar. Kemudian, kepala menunduk seolah akan melihat perut bagian bawah. Lantas, pada saat yang bersamaan, pinggang diangkat dilanjutkan dengan kepala. Otot pinggul dan pinggang menjadi lebih baik setelah rutin menjalankan gerakan ini.

Merangkak/Menungging

Posisi senam ibu hamil ketiga adalah menungging. Pada posisi ini, Anda bisa mengambil posisi merangkak terlebih dulu. Namun, pada bagian kepala Anda letakkan di lantai. Begitu juga bagian tangan yang direntangkan lurus di lantai. Kemudian, Anda bisa menoleh ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Sementara posisi lutut meski tertekuk tetap harus tegak seperti saat Anda merangkak.

Mengangkang di lantai

Siapkan lantai yang empuk, misal dengan menaruh bantal di lantai, matras, atau yang lainnya. Duduk di atasnya secara mengangkang atau dengan membuka kali lebar. Setelah itu, taruh tangan Anda ke bagian belakang tubuh untuk menyokong tubuh. Angkat kaki ke atas ke bawah dan jadikan tangan sebagai tumpuan. Lakukan juga gerakan kaki ke samping kanan dan kiri dengan tangan sebagai tumpuan tubuh.

Baca juga Manfaat Senam Ibu Hamil.

Berbaring

Gerakan berbaring ini sangat cocok dilakukan saat Anda sedang hendak tidur di malam hari. Caranya adalah dengan berbaring, baik telentang maupun miring kanan atau kiri. Pada posisi itu, angkat kaki secara perlahan hingga Anda bisa menyentuh lutut kaki Anda. Pada saat melakukan gerakan ini, Anda tetap harus rileks dan mengatur nafas.
Itulah beberapa gerakan senam ibu hamil yang aman dan nyaman dipraktekkan sendiri di rumah dar dietsehatcantik.com. Tata caranya sederhana, Anda harus nyaman melakukan gerakan dan tidak memaksakan diri.

1 komentar:

Suzan Milvara mengatakan...

Wah, kebetulan banyak temenku yang lagi hamil yoghurt bermanfaat juga loh buat ibu hamil dan menyusui

Posting Komentar