5 Masakan Indonesia yang Cocok Aman Buat Diet | Cara Diet Sehat

5 Masakan Indonesia yang Cocok Aman Buat Diet


5 Masakan Indonesia yang Cocok Aman Buat Diet – Apakah Anda sedang menjalani perawatan atau program diet? Pernahkah Anda merasa bingung hendak masak apa supaya makanan Anda tetap aman buat diet? Atau tidak tahu harus memasukkan masakan apa dalam rencana jadwal makanan Anda selama diet selama seminggu? Ups, berhenti bingung. Mari kita coba beberapa resep masakan dari Indonesia yang ternyata tetap aman untuk dikonsumsi jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan.

5 Masakan Indonesia ini Aman Lho Buat Diet Sehat Alami

Masakan Indonesia Buat Diet Sehat Alami

 

Resep ikan kuah kuning

Salah satu bahan makanan yang aman dan baik buat diet adalah ikan laut. Ya, bahan makanan satu ini mengandung protein dalam jumlah tinggi dan kaya akan asam lemak omega 3. Keduanya sangat baik untuk menunjang keberhasilan program diet karena baik buat kesehatan tubuh. Di samping itu, diketahui pula kalau ikan juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Dengan demikian bisa menghemat asupan kalori harian namun tetap mengenyangkan.

Kenapa harus di-bumbu kuning? Bumbu kuning pada ikan biasanya diambil dari kunyit yang merupakan rempah baik untuk diet sehat. Di samping itu ada bahan lainnya seperti sereh (lemongrass – bahan makanan yang juga sangat disarankan untuk diet) dan lengkuas yang juga aman buat program turun berat badan. Pemilihan rempah dan bahan utama yang pas dikombinasikan dengan cara masak yang baik, yakni dengan kuah (direbus) bukan digoreng sehingga bisa menghindari pemakaian minyak berlebih yang bisa jadi mengandung lemak jenuh yang sebaiknya dihindari saat melakukan diet.

Sop ayam

Masakan Indonesia lainnya yang bisa Anda coba adalah sop. Sama dengan masakan sebelumnya, masakan ini pun berkuah. Cara memasak dengan direbus membuat masakan ini cenderung lebih sehat dibanding ketika digoreng. Bahan utamanya adalah ayam untuk mendapatkan kaldunya yang segar dan lezat. Namun, perhatikan pemilihan daging ayamnya. Disarankan untuk tidak memilih bagian kulit maupun lemak karena ini tidak baik buat diet. Ambil dagingnya dan kalau bisa pilih daging ayam pada bagian dada. Sebab pada bagian inilah kadar lemaknya paling rendah sehingga sangat aman untuk diet sehat alami. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran di sop Anda, supaya makin sehat karena kandungan gizinya lengkap. Yakni ada protein dari dada ayam, vitamin dan mineral serta kandungan lain dari sayuran yang dimasukkan dalam sop.

Baca juga 16 Cara Cepat Turunkan Berat Badan Bagi Yang Sibuk.

Ayam panggang

Jika Anda ingin menikmati gurihnya ayam bakar maka ayam panggang bisa mengobati rasa rindu Anda. Ya, caranya cukup mudah, Anda bisa memasak ayam (tanpa lemak) dengan dipanggang dalam oven karena lebih aman dan sehat dibandingkan dengan digoreng maupun dibakar. Agar lebih sehat lagi, disarankan untuk membuat bumbu secara manual. Hindari pemakaian bumbu kemasan, karena meski rasanya lezat dan nikmat, nilai kesehatannya kurang terjamin. Kemudian untuk olesan ayamnya, gunakanlah minyak zaitun dan juga merica. Masakan Indonesia yang sederhana, mudah dibuat, dan tentunya aman buat diet sehat.

Sayuran

Sebaiknya saat sedang diet Anda banyak mengonsumsi sayuran. Kandungan seratnya yang banyak bisa membantu Anda untuk merasa kenyang namun juga melancarkan pencernaan sehingga perut bisa aman dari sembelit dan buncit. Ada banyak cara memasak sayuran dan Anda harus memperhatikan dengan baik caranya. Anda bisa merebus atau mengukus sayuran. Namun hindari pemakaian minyak atau santan yang berlebihan. Jika memang membutuhkan minyak, maka gunakanlah minyak sayur atau minyak nabati. Supaya lebih sehat. Dan tetap gunakan bumbu asli (langsung diracik sendiri) dibandingkan memakai yang instan dalam kemasan.

Bakso ayam panggang

Untuk menikmati ayam dengan cara lain Anda bisa berinovasi dengan masakan Indonesia yang satu ini. Ya, Anda bisa menyiapkan daging ayam yang sudah dihaluskan dicampur dengan bumbu. Kemudian buatlah menjadi adonan bakso dan bentuk menjadi bulatan-bulatan menyerupai bakso. Bahan-bahan lain yang mungkin Anda butuhkan adalah bawang merah, telur, lada hitam, bawang putih, dan yang lainnya. Setelah terbentuk bulat, panggang dalam oven supaya lebih aman dan sehat.
Dari beberapa pilihan masakan Indonesia yang cocok buat diet di atas, Anda bisa mencoba di rumah atau membuat inovasi sendiri dari makanan utamanya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar