Ternyata Menghitung Berat Badan Ideal dan Kalori Lebih Penting dari pada Makan Sedikit | Cara Diet Sehat

Ternyata Menghitung Berat Badan Ideal dan Kalori Lebih Penting dari pada Makan Sedikit


Menghitung berat badan ideal sangat penting dilakukan oleh mereka yang sedang ingin menurunkan atau menambah berat badannya. Khusus untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena memiliki berat badan berlebih, setelah menghitung berat badan yang ideal, penghitungan kalori harian adalah langkah selanjutnya.

Masalahnya, banyak yang mengira bahwa menghitung kalori identik dengan makan dalam porsi sedikit. Mereka lebih berfokus pada jumlah yang dimakan, bukan asupan gizi yang masuk dalam tubuh.

Untuk itu, kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenali lebih detail tentang langkah mudah yang bisa Anda tempuh sebagai awal untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan ideal Anda. Simak.

Yuk menghitung berat badan ideal dan kalori agar sehat dan berhasil

Menghitung Berat Badan Ideal

Pertama, hitung berat badan ideal

Baik Anda yang hendak menurunkan maupun menambah berat badan, langkah pertama ini teramat penting. Ya, untuk menurunkan atau menambah, Anda membutuhkan target yang jitu.

Dengan mengukur berat badan ideal Anda, Anda akan bisa memasang target jelas tentang berat badan yang harus Anda pangkas dari tubuh Anda. Anda bisa menghitung berat badan ideal dengan rumus BMI atau body mass index yang sudah pernah kami tulis dalam artikel sebelumnya. Atau jika ingin lebih lengkap, kami sarankan untuk memahami artikel 7 rumus cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria ini.

Kedua, penghitungan kalori paling penting

Jika dalam artikel-artikel sebelumnya kami pernah menyinggung tentang manfaat makan lebih sering dengan porsi yang kecil untuk diet, update penelitian yang dilakukan pada pemilik berat badan berlebih atau obesitas menunjukkan bahwa hal tersebut tidak banyak membantu program penurunan berat badan.

Penelitian ini dilakukan pada 24 wanita yang obesitas oleh para peneliti yang dipimpin oleh Dr Milan Kumar Piya dari University of Warwick di Inggris. Obyek penelitian atau wanita yang obesitas tersebut diberi makan sebanyak 2 kali dan 5 kali dengan jumlah kalori yang sama dalam beberapa hari.

Hasilnya, dalam jumlah kalori dan aktivitas yang sama, kalori yang dibakar pun tidak sama. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa makan dalam porsi kecil dan sering tidak akan meningkatkan hasil penurunan berat badan atau pun meningkatkan metabolisme tubuh.

Lebih detail, penelitian ini menunjukkan bahwa asupan kalori dalam satu hari adalah ukuran yang paling penting untuk menurunkan berat badan, bukan berapa ukuran dan seberapa sering Anda makan. Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, Anda perlu menghitung kebutuhan kalori harian Anda lalu mewujudkannya dalam bentuk makanan sehat.

Soal Anda makan beberapa kali atau hanya 2 kali saja, itu kembali kepada Anda. Jika dalam satu hari asupan kalori harian Anda terlalu berlebih. Anda perlu membakarnya dengan menambah aktivitas, olahraga, dan lain sebagainya. Keseimbangan kebutuhan kalori adalah kunci penurunan berat badan menurut penelitian terbaru ini.

Nah, dengan ulasan artikel tentang cara menghitung berat badan ideal plus kalori di atas, Anda dapat memperoleh berat badan ideal dengan konsistensi dan tanggung jawab.

Semoga Bermanfaat
Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar