Diet Mediterania: Diet Jantung Sehat | Cara Diet Sehat

Diet Mediterania: Diet Jantung Sehat


Diet Mediterania: Diet Jantung Sehat - Diet Mediterania merupakan salah satu jenis diet yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Diet jenis ini dikategorikan sebagai diet paling pas dan merupakan solusi terbaik untuk menjaga agar jantung tetap dalam kondisi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyebabkan kematian. Dengan kata lain, jika Anda ingin terhindar dari penyakit seperti stroke, serangan jantung mendadak, jantung koroner, dan penyakit jantung lainnya. Akan lebih baik jika Anda mencoba diet ini. Diet ini juga cocok untuk Anda yang sudah divonis terkena penyakit jantung. Simak.

Sekilas tentang diet mediterania

Diet Mediterania: Diet Jantung Sehat

Studi tentang diet mediterania

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa diet ala mediterania tradisional dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Bahkan, dalam sebuah studi yang dilakukan pada 1,5 juta orang dewasa menyebutkan bahwa mereka lebih aman dari serangan jantung (penyakit jantung lainnya) dan kanker termasuk mengurangi timbulnya penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Sebuah fakta

Diet jenis ini dapat diikuti oleh seluruh keluarga Anda. Baik yang menderita penyakit jantung maupun tidak. Kenapa demikian? Karena diet ini menyehatkan badan dan tidak membawa dampak buruk jika dilakukan dengan benar. Dalam hal ini, jika Anda dan keluarga melakukan diet ini bersama-sama, maka akan menimbulkan sebuah habit atau kebiasaan baru dalam mengonsumsi makanan. Secara tidak langsung diet ini akan menjadi pola hidup sehat untuk Anda sekeluarga sekaligus untuk keturunan selanjutnya. Karena pada dasarnya, risiko seseorang terkena sebuah penyakit bawaan juga berlaku untuk pola hidup yang diturunkan. Jika pola hidup yang diturunkan sehat, maka selanjutnya pun akan menurunkan pola hidup yang sehat.

Kunci diet ala mediterania

Makanan yang dikonsumsi dalam diet jenis ini adalah makanan yang berbasis pada makanan yang berasal dari tanaman, seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Penggantian makanan dengan makanan yang berasal dari tumbuhan ini juga berlaku untuk kebutuhan akan lemak dan kandungan gizi lainnya. Misalnya;

1.    Menggunakan minyak zaitun lebih baik dari pada minyak goreng atau pun margarin
2.    Pemakaian herbal dan rempah-rempah untuk membuat makanan lebih terasa lezat lebih baik dari pada menggunakan garam atau zat yang tidak sehat lainnya (penguat rasa)
3.    Mengonsumsi daging merah dalam porsi yang pas. Hanya beberapa kali dalam sebulan (misal: 4 kali)
4.    Mengonsumsi ikan dan unggas minimal dua kali dalam seminggu
5.    Porsi yang pas untuk konsumsi anggur merah

Olahraga juga penting

Tidak hanya tentang makanan, bahkan olahraga pun diatur dalam diet jenis ini. Anda yang melakukan diet ini harus melakukan olahraga atau beraktivitas secara fisik untuk mendapatkan kesehatan jantung yang Anda inginkan.

Sebuah contoh yang bisa Anda aplikasikan

Penduduk Yunani mengonsumsi enam atau lebih buah dan sayur dalam sehari. Mereka memilih buah dan sayur yang mengandung antioksidan dalam jumlah yang banyak. Mereka juga mengonsumsi roti gandum (yang termasuk dalam kategori biji-bijian). Namun, mereka tidak menggunakan margarin untuk dioleskan ke atas roti, melainkan mencelupkannya ke dalam minyak zaitun. Untuk mencukupi kebutuhan kalori dan gizi lainnya, mereka mengonsumsi kacang-kacangan. Karena kacang-kacangan tinggi akan kalori, mereka hanya mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan manisan, gula, dan madu yang dipanggang justru dihindari agar kebutuhan nutrisi bisa seimbang dan baik. Mereka juga menghindari kacang yang sudah diasinkan.

Itulah beberapa informasi tentang diet mediterania yang bisa dirangkum di artikel ini.

Semoga bermanfaat

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar