10 Makanan Sumber Zat Besi untuk yang Sedang Diet | Cara Diet Sehat

10 Makanan Sumber Zat Besi untuk yang Sedang Diet


10 Makanan Sumber Zat Besi untuk yang Sedang Diet - Makanan sumber zat besi sangat dibutuhkan oleh seseorang yang kekurangan zat besi. Pasalnya, makanan ini bisa membuat kebutuhan zat besinya tercukupi dan dapat beraktivitas dengan lancar. Namun, banyak informasi makanan sehat sumber zat besi ini mengarah kepada unsure hewani yang banyak mengandung lemak dan jelas tidak baik untuk seorang yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Menjawab hal tersebut, kami merangkum makanan sehat berupa sayuran atau buah-buahan yang baik untuk diet sekaligus memiliki kandungan zat besi yang cukup besar. Artikel ini juga sekalian menjawab pertanyaan tentang sayuran terbaik untuk pelaku diet vegetarian mengingat orang dengan diet ini rentan mengalami kekurangan zat besi. Simak.

Ini dia 10 makanan sumber zat besi untuk yang sedang diet

Makanan Sumber Zat Besi

Hati, daging, dan moluska, adalah 3 dari sekian banyak makanan yang mengandung banyak zat besi. Berikut pilihannya untuk sayuran;

Pertama, lada hitam

Bumbu masak satu ini ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Dalam kaitannya dengan hal ini, lada hitam mengandung 124 mg per 100 gram penyajiannya. Sayangnya, Anda tidak mungkin mengonsumsi sebanyak 1 ons lada hitam bukan? Untuk itu, Anda perlu makanan lain untuk menambah kandungan ini.

Kedua, rumput laut kering

Jika Anda sering melihat rumput laut dihidangkan di Korea, maka mulai sekarang sayuran yang satu ini bisa Anda coba di rumah. Rumput laut kering mengandung 36 mg per 100 gram nya. Dan tentunya, karena rumput laut yang dimaksud adalah yang sudah kering, Anda memerlukan banyak sekali rumput laut untuk mencapai satu ons. Oleh karena itu, porsi perbandingan dibutuhkan di sini.

Ketiga, biji labu

Biji-bijian juga masuk dalam kategori makanan yang mengandung zat besi. Adalah biji labu yang mengandung 15 mg per 1 ons biji labu kering. Makanan ini memang masih belum banyak dikonsumsi di Indonesia. Pun makanan ini juga cocok sebagai camilan dan bukan menu makanan utama dalam sebuah hidangan makanan.

Keempat, kacang mente

Jika Anda menemukan zat besi di biji labu, maka solusi keduanya adalah kacang mente. Selain memiliki berat yang lebih besar, kacang mente juga mudah ditemukan di Indonesia. Anda hanya perlu 1 ons mente untuk mendapatkan 6,1 mg kandungan zat besi.

Kelima, kedelai

Kalau menu yang satu ini bisa Anda temukan di Indonesia dengan sangat mudah. Berwujud tempe ataupun tahu. Atau jika Anda ingin, Anda juga bisa merebus langsung kedelai ini untuk mendapatkan kandungan zat besi di dalamnya. Adalah sebanyak 3,7 mg zat besi per 100 gram kedelai.

Keenam, tempe

Kedelai yang sudah diolah dalam kemasan ini mengandung 2,7 mg zat besi dalam 100 gram beratnya. Tentu saja, mengonsumsi tempe satu ons bisa jadi lebih mudah ketimbang mengonsumsi kedelainya langsung.

Ketujuh, bayam

Sayuran hijau sangat banyak mengandung zat besi, salah satunya adalah bayam. Sayuran hijau satu ini mengandung 2,6 miligram per 100 gram atau satu onsnya. Anda bisa mengolahnya sebagai sayuran harian dengan variasi makanan yang mengandung zat besi lainnya.

Kedelapan, roti gandum

Ingin sarapan pagi yang sehat, kini saatnya Anda mencoba roti gandum. Sebab dalam 1 ons roti gandum mengandung 2,4 mg zat besi. Dan ini merupakan kandungan yang mudah didapatkan, karena roti gandum sudah bisa ditemukan di mana saja. Saat Anda membeli roti gandum kemasan, jangan lupa untuk membaca kandungan gizi yang tertera di kemasannya.

Kesembilan, nasi

Menu makan siang seorang yang sedang menurunkan berat badan bisa berupa nasi. Baiknya, nasi ini selain memberikan energi juga mengandung 1,5 miligram zat besi dalam 100 gram berat nasi.

Kesepuluh, tuna

Ikan yang satu ini bisa Anda pilih saat makan siang maupun malam. Anda bisa mencoba memasak tuna dengan cara dipanggang untuk mendapatkan gizi yang lebih baik (tidak digoreng). Perlu Anda ketahui bahwa tuna mengandung 1,3 miligram dalam 100 gram beratnya. Tentu saja, 1 ons tuna sangat mudah didapatkan dari pada 1 ons biji-bijian. Lagi pula, ini adalah porsi yang pas untuk makan 2 kali.

Demikian informasi tentang makanan sumber zat besi yang bagus untuk seorang yang sedang melakukan program diet atau menurunkan berat badan.Selain makanan di atas, Anda juga bisa menemukan zat besi pada kuning telur, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar