19 Cara Turun Berat Badan 8 kg dalam 1 Bulan | Cara Diet Sehat

19 Cara Turun Berat Badan 8 kg dalam 1 Bulan


Menurunkan berat badan memang butuh target yang jelas dan realistis. Misalnya, turun berat badan 8 kg dalam 1 bulan. Target ini jelas, tapi apakah sudah realistis?

Bagi sebagian orang, target ini mungkin terlalu berat. Namun ada juga yang menganggapnya sesuai dengan kondisi dan kemampuannya. Nah, kelompok kedua inilah yang menganggap target turun BB 8 kg sebulan adalah realistis.

Bagaimana dengan Anda? Apakah ini merupakan sasaran diet Anda?

Jika iya, selamat mengikuti langkah menurunkan BB sebanyak 8 kg selama 30 hari yang akan kami ulas dalam artikel ini.

Beberapa langkah dan cara turun berat badan 8 kg sebulan

Cara Turun Berat Badan 8 kg dalam 1 Bulan

Pastikan target Anda realistis

Sejauh Anda melakukan usaha diet, tentu Anda bisa mengukur kemampuan diri Anda, bukan? Nah, jadikan ini untuk mengukur apakah target ini realistis untuk Anda atau tidak. Jangan sampai ketinggian karena bisa jadi merusak rencana diet Anda.

Jika memang merasa ketinggian, turunkan target Anda. Misalnya, turun 5 kg dalam 1 bulan. Untuk sisanya, Anda bisa menetapkan target di bulan atau minggu berikutnya.

Niat

Jika target sudah ditetapkan, langkah berikutnya adalah niat. Niatkan diri Anda untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Tanamkan dalam hati dan pikiran Anda untuk menjalankan diet sehat guna mendapatkan berat badan ideal.

Breakdown target

Melihat angka 8 kg tentu terlihat sangat besar dan secara tidak sadar bisa mempengaruhi diri Anda saat sedang diet. Buatlah breakdown target setiap minggunya. Misalnya dibagi dalam 4 minggu 2 hari.

  • Minggu pertama, target turun berat badan sebanyak 1,5 kg
  • Minggu kedua, target turun berat badan sebanyak 1,8 kg
  • Minggu ketiga, target turun BB sebanyak 2 kg
  • Minggu ketiga, target turun BB sebanyak 2 kg
  • Di dua hari terakhir, Anda harus bisa menurunkan berat badan sebanyak 0,7 kg

Target mingguan juga harus realistis

Selain target akhir, Anda harus membuat target mingguan yang realistis pula. Oleh karena itu, di minggu pertama sangat bijak untuk menetapkan target yang masih ringan.

Lakukan perhitungan kalori dengan akurat

Setelah menetapkan target akhir dan mingguan, Anda harus menghitung berapa jumlah kalori yang dikonsumsi dan dibakar. Bagaimana caranya? Anda bisa membaca artikel kami yang berjudul 23 langkah awal diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Wujudkan perhitungan kalori dalam bentuk makanan/minuman

Anda sudah tahu kalori yang Anda butuhkan dalam sehari, kini saatnya angka kalori Anda disubstitusi dalam bentuk makanan.

Karena target turun berat badan Anda cukup besar (normalnya seminggu hanya setengah sampai satu kilogram saja), maka Anda harus benar-benar menjadi pemilih. Selain itu, akan sangat baik untuk mengolah makanan Anda sendiri.

Jangan tergoda dengan pil diet sembarangan

Banyak sekali obat langsing untuk turun berat badan 8 kg dalam sebulan atau bahkan lebih cepat.

Saya yakin Anda sudah berniat untuk menjalankan diet sehat. Sehingga keberadaan iklan-iklan pil langsing seperti ini tidak akan menggoyahkan Anda.

Saya percaya Anda akan tetap pada jalur diet yang sehat untuk mendapatkan berat badan ideal.

Pikirkan jangka panjang

Untuk mendapatkan berat badan ideal tak hanya bisa dilakukan dalam sekali coba. Anda harus melakukannya secara bertahap dalam jangka waktu panjang. Memang target yang sudah ada adalah selama 1 bulan. Tapi jika ini belum bisa didapatkan jangan berkecil hati. Tetap semangat dan selalu berpikir positif.

Memilih makanan dengan tepat

Masukkan protein dan karbohidrat dalam diet sehat Anda. Namun, jangan lupa untuk memilih yang terbaik.

Pilihan protein yang kami sarankan adalah putih telur, ikan, kedelai, daging merah, tempe, dan tahu. Sementara untuk karbohidrat, sebaiknya pilih oatmeal, gandum, quinoa, ubi jalar, beras merah, dan roti gandum. Hal ini karena karbohidrat tersebut kompleks.

Anda juga bisa mendapatkan karbohidrat dari sayur-sayuran yang Anda konsumsi seperti wortel.

Nah, untuk pilihan lemak gunakan lemak yang aman, yakni unsaturated fat. Contohnya, minyak zaitun. Anda juga bisa mendapatkan asupan lemak dari kacang-kacangan, seperti almond. Juga dari buah, seperti alpukat.

Jumlah lemak yang disarankan dalam sehari adalah sekitar 30% dari total kalori harian.

Tips: makan buah sebelum makan bisa mengurangi jumlah atau porsi makan Anda, lho? Coba saja!

Mengolah makanan dengan tepat

Masaklah makanan Anda dengan benar. Untuk target turun berat badan 8 kg dalam 1 bulan, kiranya mengukus dan merebus adalah pilihan yang bijak.

Dengan demikian, Anda bisa mengurangi pemakaian minyak yang kurang baik untuk diet Anda.

Jika makanan yang dikukus dan direbus sudah terasa membosankan, Anda bisa mengolah masakan Anda dengan cara ditumis atau dipanggang. Hindari pemakaian minyak dalam jumlah banyak seperti menggoreng.

Buatlah sebuah diary makanan

Tulislah apa yang Anda makan dalam sebuah buku kecil. Anggaplah ini adalah diary makanan. Fungsi dari diary tersebut sangat banyak. Di antaranya;

  1. Mengetahui apa saja yang Anda makan
  2. Sebagai bahan evaluasi berat badan
  3. Tracking makanan yang baik dan tidak baik

Poin di atas menjelaskan bahwa dengan buku diary khusus makanan, Anda bisa menjaga apa yang bisa Anda makan, dan apa saja yang harus Anda batasi.

Maksudnya?

Jika Anda sudah lama menjalankan diet, maka Anda akan mengerti maksud saya.

Saat seseorang sudah berniat menurunkan BB, maka tentu saja harus siap dengan hasil yang kadang naik turun. Pada sebagian orang hal ini justru sering terjadi. Kenaikan dan penurunan berat badan ibarat roller coaster saja.

Nah, dengan adanya food diary, Anda bisa melihat apa yang Anda makan pada saat berhasil turun BB. Sebaliknya, Anda juga bisa melihat apa yang Anda makan sampai berat badan Anda justru naik.

Hasilnya, Anda bisa lebih aware!

Buatlah sebuah buku atau papan visi misi

Anda butuh sesuatu yang memacu semangat Anda secara signifikan, salah satunya adalah dengan membuat sebuah papan atau buku visi misi.

Papan dan buku itu berisi alasan mengapa Anda harus kurus, gambar-gambar makanan yang boleh dimakan, resep masakan, dan lain-lain. Pokoknya, segala hal yang bisa membuat pikiran Anda lebih segar dan tidak akan bosan dengan diet yang sedang dijalani.

Papan dan buku ini merupakan alat bantu untuk tetap berada di jalur diet sehat yang benar sehingga tidak mengalami kegagalan untuk ke sekian kalinya.

Minum air putih, hindari gula

Air putih adalah minuman terbaik untuk diet sehat turun berat badan. Sebaliknya, minuman manis sebaiknya dihindari.

Meminum air putih sebelum makan juga bisa dijadikan trik agar porsi makan Anda yang sedikit bisa membuat Anda kenyang.

Temukan olahraga yang cocok untuk Anda

Mengapa ini penting?

Saya bilang, ini sangat penting.

Yang perlu digarisbawahi dalam hal olahraga tidak hanya pembakaran kalori saja, melainkan menghilangkan sejumlah lemak di beberapa bagian. Atau menggantikan lemak dengan otot sehingga bagian tersebut menjadi kencang dan tidak bergelambir.

Target Anda bisa jadi beda dengan target saya

Misalnya, saya ingin fokus mengecilkan perut sedangkan Anda ingin mengecilkan lengan. Tentu dua hal ini membutuhkan gerakan olahraga yang berbeda, bukan?

Maka penting sekali untuk menemukan olahraga yang cocok dan sesuai dengan kemampuan dan target turun berat badan yang sudah ditentukan.

Artikel sebelumnya: 17 Penyebab Umum Susah Turun Berat Badan

Disiplin

Jika sudah menemukan jenis olahraga yang sesuai, kini saatnya Anda mengatur jadwal olahraga dengan cermat. Pilihlah waktu yang pas dengan jadwal harian Anda. Jam yang tidak akan mengganggu aktivitas Anda yang lainnya.

Pilih dan jalankan olahraga di jam tersebut. Disiplin. Jangan sering izin tidak olahraga ya?

Meditasi

Melakukan hal yang sama, mengonsumsi makanan yang hampir sama dalam jangka waktu yang cukup lama memang melelahkan bahkan membosankan. Maka dari itu, Anda harus sering menyegarkan pikiran. Salah satu caranya adalah dengan meditasi.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari meditasi adalah;

Anda bisa legowo, pun saat berat badan Anda tidak berkurang secara signifikan.

Pikiran yang segar akan membebaskan Anda dari belenggu stres yang pada kelanjutannya justru bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

Untuk itu, luangkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit sehari untuk meditasi. Dengarkan alam sekitar, dengarkan diri Anda sendiri, rasakan keberadaan Anda, dan tenanglah. Rileks. Semua berjalan sesuai harapan. Jika tidak, maka lepaskan dengan ikhlas.

Bernafaslah dengan tenang.

Berada di lingkungan yang mendukung

Lingkungan yang mendukung bukan berarti sebuah lingkungan di mana terdapat orang-orang yang juga diet seperti Anda. Lingkungan ini bisa jadi keluarga yang memberikan support kepada Anda dengan banyak cara, misalnya;

  1. Tidak mengajak makan gorengan
  2. Memilihkan tempat makan yang aman buat Anda ketika sedang ada acara makan di luar
  3. Memberikan dukungan baik saat ada berat badan turun secara signifikan maupun tidak, dll.

Ada banyak hal yang bisa mereka lakukan.

Bahkan, hanya dengan memberikan kalimat positif, seperti;

Ayo, kamu bisa!

Itu sudah cukup membuat pikiran Anda lebih tenang. Dan ini juga merupakan sebuah bentuk dukungan.

Warning

Target turun berat badan 8 kg dalam 1 bulan memang cukup tinggi. Maka dari itu, Anda perlu ingat tentang batasan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Untuk wanita, kalori harian yang dikonsumsi tidak boleh kurang dari 1200.

Untuk pria, kalori harian yang dikonsumsi tidak boleh kurang dari 1500.

Kurang asupan kalori harian bisa menyebabkan berkurangnya energi, lemas, dan yang lainnya. Akan sangat bijak jika Anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau pakar yang sudah ahli.

Atau jika memang target di atas harus membuat Anda bekerja lebih keras, baiknya turunkan targetnya. Be Realistic!

Jangan memaksakan diri

Tujuan diet sehat bukanlah menurunkan berat badan saja. Yang benar, tujuan diet sehat adalah untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar dengan bonus berat badan ideal.

Jadi, jangan memaksakan diri. Lakukan perlahan. Sesuaikan dengan kemampuan.

Namun, jangan juga terlalu santai dengan tidak mengindahkan aturan diet sehat untuk turun berat badan 8 kg dalam 1 bulan. Karena banyak orang yang mengalami naik turun berat badan berakhir dengan menyalahkan diri sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar