KOMEDO MENJADI MASALAH ANDA? SIMAK TIPS BERIKUT | Cara Diet Sehat

KOMEDO MENJADI MASALAH ANDA? SIMAK TIPS BERIKUT


Tampil cantik merupakan dambaan setiap perempuan. Tidak cukup hanya dengan menjaga kesehatan dan tidak merawat kecantikan.

Sebaliknya, cantik saja tidak cukup jika kita tidak sehat. Sebagai perempuan, butuh keduanya untuk menjadi sempurna.

Komedo merupakan salah satu masalah yang sering mengganggu kebersihan dan kecantikan wajah, utamanya daerah hidung. Dia bisa muncul dalam bentuk bintik-bikik kecil berwarna hitam atau putih.

Adanya komedo ini tentu sangat mengganggu penampilan. Hidung akan tampak kotor, hitam seperti duri landak.

Komedo blackHead

Komedo sendiri sebenarnya adalah penyumbatan minyak berlebih, kotoran, make up, dan sel kulit mati pada pori-pori kulit. Karena letaknya yang jauh terpendam di dalam pori kulit, komedo tidak bisa diangkat dengan hanya membersihkan wajah dengan pembersih saja.

Ada beberapa jenis kosmetik yang dapat memicu terdapatnya komedo di hidung anda, kosmetik ini dinamakan kosmetik yang bersifat comedogenic.

Kosmetik ini bersifat menutup pori-pori kulit, jika kita menggunakan kosmetik terlalu lama atau tidak membersihkan wajah dengan sempurna hasilnya bisa jadi pori-pori kulit akan tertutup.

Hal ini bisa mengakibatkan timbulnya komedo bahkan jerawat baik di hidung, di pipi dan bagian wajah lain. Karena sebenarnya jerawat itu adalah komedo yang telah terinfeksi oleh bakteri P acne sehingga dapat membengkak. Hal ini tentu sangat mengganggu bukan?

Daftar Kosmetik Penambah Komedo

Berikut adalah produk kosmetik yang dapat menambah potensi anda mempunyai komedo dan akan merusak kesempurnaan penampilan wajah anda.

1. Foundation

Foundation atau alas bedak bersifat melapisi dan menutupi kulit wajah. Oleh sebab itu foundation sangat berpotensi untuk menyumbat pori-pori kulit

2. Concealer

Concelear memiliki sifat yang hampir sama dengan foundation bahkan ia memiliki sifat menutup lebih kuat.

3. Bedak padat

Butiran bedak padat jauh lebih halus dibanding bedak tabur / bubuk. Butiran-butiran ini dapat masuk dalam pori pori kulit dan menutup/menyumbatnya.

Tips Menangkal Komedo

bersihkan komedo

1. Meminimalisir penggunaan produk kosmetik yang bersifat comedogenic

Tips yang satu ini tentunya agak susah untuk dilakukan, karena kita semua ingin tampil cantik dan tentu wanita tidak bisa dipisahkan dengan kosmetik, bukan?

Tapi, bagi anda yang kulitnya berminyak, lebih baik anda mengurangi penggunaan produk yang bersifat comedogenic.

Dan kalaupun terpaksa menggunakan produk ini, maka jangan lupa untuk membersihkannya dengan sempurna (bisa dengan make up removal).

2. Komedo mudah dikeluarkan jika pori-pori terbuka.

Jika anda pergi ke salon kecantikan, mereka akan menghangatkan wajah anda sekitar 5 menit dengan vaporisator.

Untuk perawatan di rumah anda, anda bisa menggunakan air hangat untuk menguapi wajah anda.

Bisa dengan menundukkan wajah anda pada sebuah wadah berukuran sedang yang sudah anda isi dengan air hangat atau dengan mengusapkan handuk yang telah anda hangatkan dengan air ke wajah anda.

Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit anda dan komedo bisa dengan mudah dibersihkan setelahnya.

Jangan lupa untuk menggunakan air dingin untuk membilas wajah anda agar pori-pori kulit kembali menutup.

3. Kenali dulu jenis Komedo anda!!!

Terdapat 2 jenis komedo yang biasa tampak pada wajah, di antaranya:

a. Blackhead

Lakukan perawatan rutin mandiri di rumah, bersihkan kulit wajah menggunakan serangkaian pembersih yang cocok dengan jenis kulit dua kali sehari. Jika diperlukan gunakan scrub dua kali seminggu dan bilas dengan air dingin untuk merapatkan pori-pori

Jika kondisi komedo mulai banyak dan menumpuk, lakukan facial rutin setiap bulan. Tapi dianjurkan untuk tidak terlalu sering

b.Whitehead

Cuci kulit wajah dengan pembersih yang mengandung asam salisilat. Kandungan asam salisilat berfungsi untuk mengangkat lemak dan kotoran dari kulit yang dapat memicu tumbuhnya komedo.

Setelah bersih, usapkan toner pada wajah dengan menggunakan kapas. Mengaplikasikan toner sebaiknya tidak dengan cara menggosok, cukup diusap lembut pada hidung sambil diangkat.

Salam Diet, Salam Sehat, Salam Cantik
Hindayani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar